Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Penyakit Paru Satu ini Sering Dikira Asma


Menurut spesialis paru dr Nur Indah Sawitri SpP, fenomena semacam itu sering ditemui pada Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Sebab gejala yang ada memang hampir sama dengan asma, yakni sesak dan batuk berkepanjangan.

Obat-obatan asma yang diminum memang memberikan respons. Tapi hanya sementara. Karena pengobatan antara asma dan PPOK jelas berbeda, ucap dokter yang akrab disapa Indah ini.

Pada asma, terjadi penyempitan saluran pernapasan besar dalam paru. Sedangkan PPOK, penyempitan terjadi di saluran pernapasan kecil dekat paru bagian parenkin. Karena letak gangguan udara yang berbeda itulah, pengobatan yang dilakukan juga harus berbeda. Menurut Indah, pasien kerap datang dalam kondisi akut. Karena mereka mengira batuk biasa. Itulah yang membuat pasien harus menjalani rawat inap.

Untuk penyebab, Indah menegaskan rokok memang mempunyai andil menyebabkan penyakit paru seperti PPOK ini. Nikotin yang terdapat dalam rokok menyebabkan inflamasi atau peradangan pada saluran napas. Sehingga jalan napas menjadi lebih kecil atau menyempit. Juga karena paparan polusi yang tidak dihambat menggunakan masker.

Bahkan, lanjutnya, PPOK bersifat progresif dan reversibel. Maksudnya, bila pada asma saluran pernapasan atas masih bisa mengembang, pada PPOK, saluran pernapasan yang sudah menyempit tidak bisa kembali. Itulah kenapa disebut akut. Salurannya sudah sempit, tidak bisa kembali. Tidak heran sesak dan batuk terus, ungkap Indah.

Karena itu, indah menganjurkan seseorang yang sering mengalami sesak napas tidak langsung memberikan obat asma. Sebab obat asma memang meredakan sesaknya. Akhirnya pasien akan ketergantungan dengan obat tersebut. Karena sudah merasa tau obatnya akhrinya tidak mau memeriksakan. Padahal sakitnya bukan asma, kalau gini kan sayang sudah keluar banyak uang dan waktu tandasnya.

sumber : http://wismaberita.com/2017/10/penyakit-paru-satu-ini-sering-dikira-asma/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Peta Lokasi