Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Berita Kesehatan

Upaya Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kota Malang, Gelar Vaksinasi Lansia Door To Door


Polresta Malang Kota bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar kegiatan serbuan vaksinasi lansia secara door to door (dari rumah ke rumah), Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan ini sebagai upaya percepatan vaksinasi lansia di wilayah Kota Malang,

Dalam kegiatan yang baru pertama kali dilakukan tersebut, Polresta Malang Kota bersama Dinkes Kota Malang menyasar kepada para lansia yang ada di wilayah Kecamatan Blimbing.

Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, kegiatan itu dilakukan agar PPKM Kota Malang segera turun level.

"Jadi untuk masuk ke level 1, minimal 60 persen dari target sasaran sebanyak 83 ribu lansia. Sampai tadi malam, hampir 57 ribu lansia telah divaksin. Sehingga, capaian kita kurang 3 persen, kalau dikonversikan ke angka sekitar 2 ribu lansia (yang belum divaksinasi). Oleh karena itu, kami semua mengadakan beberapa strategi-strategi dalam percepatan vaksinasi lansia," ujarnya.

Dirinya menjelaskan dalam kegiatan tersebut, tim vaksinasi lansia door to door bergerak serentak ke 11 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Blimbing.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolsek, Danramil, Camat dan empat puskesmas yang ada di 11 kelurahan wilayah Kecamatan Blimbing. Sasarannya, adalah para lansia dan Alhamdulillah rencana sasaran pada hari ini sekitar 250 sampai 300 lansia," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Blimbing, AKP Yanuar Rizal Ardianto mengungkapkan, capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Blimbing telah mencapai sekitar 63 persen, atau kurang lebih 114 ribu orang yang telah divaksin.

"Namun, masih terkendala dengan capaian vaksinasi lansia yang masih minim. Oleh karena itu, kami semua diarahkan untuk meningkatkan capaian >vaksinasi lansia ini," tambahnya.

Yanuar menerangkan, dalam kegiatan serbuan vaksinasi lansia secara door to door ini, pihaknya menargetkan 250 lansia di 11 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Blimbing.

"Untuk pelaksanaannya, tim vaksinator yang terdiri dari rekan-rekan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kecamatan, kemudian tim nakes dari masing-masing Puskesmas mendatangi langsung ke rumah-rumah lansia. Untuk tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan ini, kami kerahkan sebanyak 20 orang," bebernya.

Sementara itu dari pantauan, tim vaksinasi lansia door to door langsung bergerak mendatangi ke rumah-rumah para lansia.

Seperti yang terlihat di RT 5 RW 16, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing misalnya, ada sekitar lima lansia mengikuti kegiatan vaksinasi door to door tersebut.

Sebelum divaksin, para lansia itu harus menjalani screening kesehatan. Setelah mendapatkan vaksin, para lansia itu mendapatkan bantuan paket sembako.

Salah seorang peserta vaksinasi lansia door to door, Maria Bernadin Dwi Wahyuni mengaku senang telah mendapatkan vaksinasi Covid 19.

"Kemarin-kemarin saya belum berani dan takut, karena memiliki riwayat penyakit bawaan seperti jantung dan vertigo. Tapi pas hari ini, saya akhirnya memberanikan diri untuk divaksin. Dan saya merasa terbantu sekali dengan kegiatan ini, karena sangat mudah dan lebih dekat. Kalau di puskesmas, harus antri terlebih dahulu," tandasnya.

sumber : https://surabaya.tribunnews.com/2021/11/13/percepatan-vaksinasi-covid-19-kota-malang-gelar-serbuan-vaksinasi-lansia-door-to-door?page=all

 
 

PRAKTEK Alamat 1:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.30 - selesai, kec. Sabtu, Minggu / Libur

Alamat 2:
Rumah
, Dr Koentjahja, SpP
Wilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Senin - Sabtu Pukul 09.00-selesai,
kec. Minggu / Libur

    


Peta Lokasi