Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Registrasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Galeri Foto
Berita Kesehatan

8 Gejala Radang Paru-paru yang Pantang


Radang paru-paru adalah penyakit peradangan pada rongga udara di bagian dalam paru-paru. Setiap orang bisa terserang penyakit yang dikenal dengan pneumonia ini. Terutama pada kalangan lansia dan pemilik daya tahan tubuh lemah. Radang paru-paru biasanya lebih parah pada orang tua, bayi dan anak kecil, serta penderita penyakit kronis. Sebelum membahas gejala radang paru-paru, kenali lebih dulu penyebab penyakit ini.

Penyebab radang paru-paru

Melansir NHS, penyebab radang paru-paru bisa beragam, antara lain: Infeksi bakteri seperti Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Chlamydophila pneumoniae, sampai Legionella pneumophila Infeksi virus seperti virus corona atau influenza Infeksi jamur seperti Pneumocystis jirovecii, coccidioidomycosis, histoplasmosis, dan cryptococcus Terpapar zat berbahaya seperti asap atau bahan kimia Efek samping penggunaan alat bantu pernapasan ventilator Masing-masing penyebab radang paru-paru atau pneumonia ini biasanya memiliki gejala khas.

Gejala radang paru-paru

Melansir American Lung Association, gejala radang paru-paru bisa ringan sampai parah. Tubuh penderita akan merespons radang paru-paru berdasarkan penyebab penyakit, usia, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Terdapat tanda dan gejala radang paru-paru secara umum, antara lain: Batuk, terkadang disertai lendir berwarna kehijauan, kuning, atau berdarah Demam, berkeringat, menggigil Sesak napas Napas jadi cepat dan pendek-pendek Dada sakit saat digunakan untuk menarik napas dalam atau batuk Tidak selera makan, lemas, dan lelah Mual dan muntah Kebingungan atau mengigau

Gejala radang paru-paru yang berasal dari infeksi bakteri biasanya disertai demam tinggi, tubuh banyak keluar keringat, napas dan denyut nadi jadi sangat cepat, bibir dan kuku kebiruan, sampai mengigau. Gejala tersebut bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Jenis pneumonia ini umumnya membutuhkan perawatan medis. Sedangkan gejala radang paru-paru yang berasal dari infeksi virus biasanya muncul selama beberapa hari.

Penderita biasanya merasakan demam, batuk kering, sakit kepala, nyeri otot, dan lemas. Selang satu atau dua hari kemudian, gejalanya bisa memburuk disertai sesak napas dan nyeri otot. Jika muncul gejala radang paru-paru, segera konsultasikan ke dokter.

Terutama jika penderita mengalami sesak napas sampai beberapa bagian tubuhnya kebiruan, disertai nyeri dada, dan batuk semakin parah. Penyakit ini dapat diketahui dengan pasti lewat pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen dada, sampai menggunakan alat pulse oxymeter untuk menakar tingkat saturasi oksigen dalam darah.

sumber : https://health.kompas.com/read/2021/02/08/100100168/8-gejala-radang-paru-paru-yang-pantang-disepelekan?page=all

 
 

PRAKTEK
RS Panti Waluya / RKZ Sawahan, Lt II-B1
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - 20.00, kec. Sabtu, Minggu / Libur


Rumah
, Dr Koentjahja, SpP
Wilis Indah A-6, Malang 65115
0818568711 / 0341-568711
Senin - Sabtu Pukul 09.00-10.00,
kec. Minggu / Libur


    


Peta Lokasi


Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

 
 
 koentjahja.com  |
 nathaliamayasarisa.com  |
 klinikrespirasimalang.com  |
 drgevitaindiani.com  |
 drgleonyindriati.com  |