Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Registrasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Galeri Foto
Berita Kesehatan

Bisakah Pneumonia Disembuhkan Hanya dengan Minum Obat?


Pneumonia merupakan penyakit yang akibat ada inflamasi alias peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Peradangan pada paru-paru umumnya terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri, atau jamur. Jika tidak segera ditangani, pneumonia bisa menjadi semakin parah, bahkan memicu komplikasi. 

Infeksi dan peradangan menyebabkan sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru membengkak dan dipenuhi cairan. Pneumonia paling sering disebabkan oleh serangan bakteri, yaitu Streptococcus pneumoniae. Pada kasus yang ringan, penyakit ini bisa ditangani dengan konsumsi obat-obatan dari dokter. 

Cara Mengobati Pneumonia 

Pneumonia bisa terjadi karena infeksi bakteri, virus, serta jamur. Selain itu, ada beberapa faktor yang juga bisa meningkatkan risiko pneumonia, salah satunya virus flu atau pilek yang kemudian berkembang menjadi pneumonia. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh serangan jamur saat kekebalan tubuh rendah dan akibat menghirup objek asing, seperti makanan atau minuman.

Penyakit pneumonia sama sekali tidak boleh dianggap sepele dan harus segera mendapat penanganan medis. Secara umum, penyakit ini ditandai dengan munculnya gejala-gejala seperti batuk, demam, hingga kesulitan bernapas. Pneumonia bisa terjadi pada siapa saja, tetapi pernah tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi pada anak-anak di seluruh dunia. 

Pneumonia bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sebab, cara menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengatasi infeksi yang terjadi. Dokter akan memberikan obat berupa antibiotik yang harus dikonsumsi sampai habis jika infeksi pneumonia disebabkan oleh bakteri. Pengobatan yang dilakukan untuk penyakit ini tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan yang dialami. 

Pneumonia diatasi dengan pemberian obat pereda nyeri, obat batuk, serta antibiotik. Agar pemulihan terjadi lebih cepat dan obat yang dikonsumsi lebih efektif, disarankan untuk melakukan perawatan mandiri di rumah. Mengatasi pneumonia di rumah dilakukan dengan banyak beristirahat, konsumsi banyak cairan atau air putih, serta membatasi aktivitas fisik. 

Pada kondisi yang lebih parah, perawatan medis di rumah sakit mungkin dibutuhkan. Orang yang mengidap pneumonia dengan gejala yang tidak kunjung membaik, bahkan setelah konsumsi obat dan antibiotik, harus segera dibawa ke rumah sakit. Perawatan medis segera juga disarankan untuk pengidap pneumonia yang sudah berusia lanjut, yaitu di atas usia 65 tahun. 

Pengidap pneumonia yang mengalami penurunan fungsi ginjal, memiliki tekanan darah rendah, sesak napas, detak jantung tidak normal, serta suhu tubuh di bawah normal juga harus segera mendapat pertolongan dokter di rumah sakit. Penyakit ini rentan menyerang anak-anak. Pengidap pneumonia yang berusia di bawah 2 bulan juga sebaiknya segera dilarikan ke rumah sakit. Apalagi jika disertai dengan gejala berupa tubuh lemas, sesak napas, kadar oksigen darah yang rendah, serta mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. 

Penanganan pneumonia yang dilakukan di rumah sakit adalah dengan pemberian obat antibiotik melalui suntikan, penambahan oksigen, serta rehabilitasi paru. Pengidap pneumonia dengan gejala yang sangat parah biasanya akan ditempatkan di dalam ruangan perawatan intensif serta akan dipasangi alat bantu pernapasan atau ventilator. 

sumber : https://www.halodoc.com/artikel/bisakah-pneumonia-disembuhkan-hanya-dengan-minum-obat?utm_tracker=19d12eb0-809a-4236-885e-df0ac4fa01b9

 
 

PRAKTEK
RS Panti Waluya / RKZ Sawahan, Lt II-B1
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - 20.00, kec. Sabtu, Minggu / Libur


Rumah
, Dr Koentjahja, SpP
Wilis Indah A-6, Malang 65115
0818568711 / 0341-568711
Senin - Sabtu Pukul 09.00-10.00,
kec. Minggu / Libur


    


Peta Lokasi


Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

 
 
 koentjahja.com  |
 nathaliamayasarisa.com  |
 klinikrespirasimalang.com  |
 drgevitaindiani.com  |
 drgleonyindriati.com  |