Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Berita Kesehatan

Lemak Pada Paru-paru Orang Kelebihan Berat Badan


Jika Anda terlalu banyak kalori dan tidak mau olahraga, bukan hanya perut Anda yang akan menjadi penuh dengan lemak, melainkan saluran udara di dalam paru-paru Anda juga bisa menjadi penuh dan sesak karena adanya lemak.

Para ilmuwan dari University of Western Australia (UWA) di Perth telah menemukan bukti bahwa lemak dapat berkumpul di jaringan paru-paru orang yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas untuk pertama kalinya.

Sudah cukup diketahui bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mengi dan sulit bernapas, namun diduga bahwa ini disebabkan oleh kelebihan lemak yang memberikan tekanan pada dada. Seperti yang ditunjukkan oleh studi baru ini, seluruh mekanisme lain bisa berperan. Pada gilirannya, ini juga bisa menjelaskan hubungan antara obesitas dan asma.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal melakukan post mortem pada paru-paru dari 52 orang yang meninggal - 16 orang meninggal karena asma, 21 orang menderita asma tetapi meninggal karena sebab-sebab yang tidak berhubungan, dan 15 orang tidak pernah mengalami gejala asma. Para peneliti mempelajari sampel di bawah mikroskop dan mengukur tingkat jaringan lemak adiposa yang ada di dinding saluran udara paru-paru. Mereka kemudian membandingkan ini dengan indeks massa tubuh (BMI) setiap orang.

Yang mengejutkan mereka, para peneliti menemukan korelasi langsung antara BMI dan kadar lemak di paru-paru: semakin gemuk seseorang, semakin banyak sel adiposa dapat ditemukan di dinding saluran udara mereka. Mereka juga menemukan bahwa peningkatan lemak mengubah struktur normal saluran udara dan menyebabkan peradangan di paru-paru, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Lemak, secara ilmiah dikenal sebagai jaringan adiposa, adalah jaringan berwarna kuning kekuningan-oranye yang terdiri dari ribuan adiposit, atau sel-sel lemak. Tugas utamanya adalah menyimpan energi untuk digunakan nanti, tetapi juga berperan dalam mengisolasi tubuh dan memberikan lapisan pelindung. Seperti yang dapat Anda bayangkan, memiliki ini di dalam saluran udara Anda dapat membuatnya lebih sulit untuk bernapas dan mungkin menjelaskan mengapa asma sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan.

“Kami telah menemukan bahwa kelebihan lemak menumpuk di dinding saluran napas tempat ia memakan ruang dan tampaknya meningkatkan peradangan di paru-paru. Kami pikir ini menyebabkan penebalan saluran udara yang membatasi aliran udara masuk dan keluar dari paru-paru, dan itu setidaknya sebagian dapat menjelaskan peningkatan gejala asma,” ujar Associate Professor Peter Noble, rekan penulis studi dari UWA's School of Human Science, dalam sebuah pernyataan, dilansir IFL Science.

Ini juga dapat menawarkan beberapa bantuan praktis untuk orang yang berjuang melawan asma. Meskipun belum terbukti, temuan ini menunjukkan bahwa asma dapat diobati atau bahkan dibalik dengan penurunan berat badan.

"Kita perlu menyelidiki temuan ini secara lebih rinci dan terutama apakah fenomena ini dapat dibalik dengan penurunan berat badan. Sementara itu, kita harus mendukung pasien asma untuk membantu mereka mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat," Profesor Thierry Troosters, presiden Eropa Respiratory Society, yang tidak terlibat langsung dalam penelitian ini, mengomentari temuan tersebut, dilansir IFL Science.

sumber : https://nationalgeographic.grid.id/read/131894812/para-ilmuwan-temukan-lemak-pada-paru-paru-orang-kelebihan-berat-badan

 
 

PRAKTEK Alamat 1:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur

Alamat 2:
RS Lavalette
, Dr Koentjahja, SpP
WR Supratman 10, Malang 65111
08133175788
Selasa & Kamis, Pukul 17.00 - 18.00

    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711


Peta Lokasi