Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Berita Kesehatan

7 Makanan sehat untuk Paru-Paru dan melancarkan Pernapasan


Di masa pandemi Covid-19 ini, pastikan paru-paru Anda tetap sehat dengan konsumsi 7 makanan berikut.

Paru-paru organ yang penting bagi tubuh agar metabolisme tetap berjalan baik. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang banyak menyerang paru-paru atau saluran pernapasan.

Jadi, penting buat Anda menjaga paru-paru tetap sehat. Pastikan jangan sampai organ ini terganggu dan terkena virus, karena efeknya bakal lebih berat. Yuk, jaga paru-paru dengan 7 jenis makanan ini, mengutip Alternative World Club, Selasa (21/4/2020).

1. Air

Air murni dan bersih sangat penting untuk menjaga aliran darah ke dan dari paru-paru. Air juga membuat paru-paru kita terhidrasi dan kotoran seperti lendir bisa mengalir. Lendir akan membawa racun mikroba dan polutan keluar dari paru-paru.

Karena sebagian besar tubuh terbuat dari air, maka ketika tubuh mengalami dehidrasi kita akan merasakan efeknya. Selain membersihkan kotoran, air juga bisa menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh dan mengatur suhu.

2. Bawang putih dan bawang merah

Makanan pedas memang bagus untuk jantung dan juga paru-paru, karena berfungsi mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan melawan infeksi. Bawang putih juga dikenal karena sifat antiinflamasi yang kuat.

Satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention menemukan fakta bahwa perokok yang makan bawang putih memiliki risiko kanker paru-paru 40 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih mentah.

3. Jahe

Salah satu rempah-rempah yang kehadirannya banyak di Indonesia ini memiliki sifat antiinflamasi dan mampu membersihkan paru-paru dari polutan. Jahe memiliki beragam manfaat, tidak hanya untuk paru-paru, tapi juga seluruh tubuh.

Jahe juga mampu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dan mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

4. Wortel

Buah yang berada di akar ini kaya vitamin A, vitamin C, dan likopen. Wortel juga kaya antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan paru-paru dan menurunkan risiko berkembangnya penyakit di paru-paru.

Para peneliti menemukan bahwa minum jus wortel dapat membantu mencegah kanker paru-paru pada perokok. Salah satu cara enak mengonsumsi wortel adalah dengan membuatnya menjadi camilan sehat seperti cake wortel.

5. Apel

Kandungan flavonoid, vitamin E, dan vitamin C di dalam apel dapat membantu fungsi paru-paru berjalan dengan baik. Apel dengan kandungan gizinya ini, saat dimakan selama beberapa minggu, akan membuat paru-paru lebih sehat. Apel juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu kesehatan paru-paru.

6. Grapefruit

Buah hasil kawin silang jeruk bali dan jeruk manis ini mengandung naringin, flavonoid yang akan menghambat aktivasi enzim yang menyebabkan kanker. Grapefruit berwarna putih mengandung flavonoid yang jumlahnya lebih banyak. Meski begitu, grapefruit berwarna orange juga mengandung antioksidan likopen yang lebih banyak.

Grapefruit sangat baik untuk membersihkan paru-paru setelah seseorang berhenti merokok. Buah yang mengandung 92 persen air ini juga ideal menjaga tubuh tertap terhidrasi.

7. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Kandungan kedua vitamin ini membantu paru-paru dengan cepat mentransfer oksigen ke seluruh tubuh. Jeruk kaya dengan antioksidan yang ramah bagi paru-paru dan dikemas dengan vitamin C yang dikenal untuk mengurangi infeksi dan peradangan.

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Allergy Asthma and Clinical Immunology, menemukan bahwa vitamin C dapat berperan penting untuk mengurangi 52 persen asma yang terjadi akibat olahraga berat. Asma setelah olahraga terjadi karena adanya penyempitan saluran udara di paru-paru yang disebabkan olahraga berat.

sumber : https://www.suara.com/health/2020/04/21/074155/7-makanan-yang-menyehatkan-paru-paru-dan-melancarkan-pernapasan

 
 

PRAKTEK Alamat 1:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur

Alamat 2:
RS Lavalette
, Dr Koentjahja, SpP
WR Supratman 10, Malang 65111
08133175788
Selasa & Kamis, Pukul 17.00 - 18.00

    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711


Peta Lokasi