Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Vaping Jelas Berbahaya dan Merusak Paru-paru


Rokok elektrik atau yang dikenal dengan Vape.

Rokok elektronik (vaping) menyebabkan berbagai macam penyakit berat bagi anak muda dan orang dewasa. Rokok jenis baru ini mengancam kesehatan, memperpendek umur, dan terkadang menyebabkan keracunan dan cedera paru yang mematikan – dengan kerusakan yang tampak tidak dapat disembuhkan.

Sebuah laporan terbaru dari New England Journal of Medicine dalam 53 kasus terkonfirmasi dari perokok elektrik yang dirawat karena keracunan dan cedera paru-paru jelas menunjukkan ancaman tersebut. Usia rata-rata pasien ini adalah 19 tahun.

Kemunculan vaping yang baru sebentar telah membawa korban ke rumah sakit, dirawat intensif berminggu-minggu, gagal paru-paru, membutuhkan mesin bypass jantung, dan kemudian, setelah semua upaya gagal, menyebabkan kematian yang tidak perlu bagi anak muda yang sehat.

Sebagai ahli pencitraan paru-paru, saya mengembangkan berbagai cara baru agar dapat melihat ke dalam dada, sehingga kelainan paru-paru dapat dengan mudah diukur dan dipantau.

Saya melihat efek yang mengerikan di paru-paru perokok dan pengguna ganja. Saya juga melihat bagaimana saluran udara rusak, dan bagaimana jutaan kantong udara tampak hancur atau benar-benar musnah. Semua ini menghasilkan sesak napas yang parah, kualitas hidup yang menyedihkan, dan kemudian, kematian.

Karena pengalaman saya dalam mengembangkan cara baru untuk menggambarkan paru-paru dan melihat dampak dari asap dan gas yang dihirup pada kesehatan paru-paru, saya merasa terganggu ketika pemerintah dan pembuat kebijakan lain mengambil pendekatan lepas tangan untuk risiko rokok elektrik.

Saya khawatir bahwa pemasaran rokok elektrik begitu cepat, persuasif dan tersebar luas, terutama ketika pemasaran ini menargetkan anak-anak dan remaja, yang pertumbuhan dan perkembangan paru-parunya belum selesai.

Zat berminyak ditemukan di dalam paru-paru

Dalam beberapa laporan terbaru mengenai pasien dengan keracunan paru akibat vaping, ditemukan zat berminyak dalam sel darah putih, jaringan paru-paru, dan saluran udara.

Minyak ini mungkin terkait dengan rokok elektrik bernikotin dan campuran THC yang digunakan pasien, belum jelas - dan masih sulit dipahami - bagaimana penyakit paru yang serius dan mengancam jiwa dapat dipicu oleh penggunaan rokok elektrik.

Rokok elektrik atau yang dikenal dengan Vape.

Seorang pasien dipersiapkan untuk MRI paru-paru.(Parraga lab),Author provided

Saya pikir analogi berikut bisa membantu dalam memvisualisasikan apa yang terjadi di dalam paru-paru: bayangkan satu pon mentega yang masih padat, kemudian mencair dan dipanaskan lagi pada suhu tinggi, mentega tersebut kini menjadi uap gas yang dapat dihirup.

Lapisan uap mentega, meskipun lezat pada saat pemanasan, membentuk padatan lagi ketika mendingin di dalam paru-paru, dan kemudian menjadi racun yang memicu peradangan dan kegagalan paru-paru.

Seperempat pelajar SMA memakai rokok elektrik

Rokok elektrik dipromosikan sebagai alternatif yang aman dan keren untuk rokok konvensional. Tidak heran, pemasaran ini sukses terhadap anak-anak dan remaja.

Selama 2017-2018, tingkat siswa SMA yang memakai rokok elektrik di Amerika Serikat naik dua kali lipat menjadi 21 persen, lebih besar daripada tingkat perokok konvensional di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Pada 2019, diperkirakanseperempat siswa SMA di Amerika Utara akan memakai rokok elektrik.

Perangkat vaping juga memberikan fleksibilitas tertinggi – kemudahan dalam mencampur dan mencocokkan zat, cairan, dan bahan aktif. Ini berarti produk dipasarkan dan dijual kepada anak-anak yang memiliki waktu dan energi untuk menciptakan campuran baru, memiliki batas toleransi yang tinggi terhadap risiko dan memiliki kebutuhan kompleks akan pengakuan teman terhadap racikannya.

Mengapa kita terkejut dengan situasi saat ini?

Pemasaran agresif, kurangnya pengujian keamanan

Kita telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa kerusakan paru-paru terjadi karena paparan bahan kimia dalam pekerjaan yang berisiko, serta dari penghirupan gas dan asap yang kronis, jadi saya heran mengapa ada orang yang beranggapan bahwa rokok elektrik tidak akan berbahaya dan merusak?

Saya heran mengapa pemasaran rokok elektrik yang besar dan agresif dapat diterima di mana-mana, dari toko-toko kecil sampai pom bensin. Sementara, rokok konvensional berhasil diatur dengan baik, dipasarkan dengan samar, diletakkan di balik rak-rak yang buram dan terkunci.

Bahkan lebih buruk, “toko-toko vape” kecil juga menawarkan produk pengganti secara gratis - kebanyakan, tidak jelas produknya dari mana dan tidak ada uji keamanan. Ini harus diungkap, diselidiki, dan dihentikan.

Rokok elektrik dengan berbagai rasa harus dilarang

Karena semua alasan ini, regulasi produk rokok elektrik, iklan dan penempatannya di toko-toko perlu dipertimbangkan kembali dan diperketat seperti produk tembakau.

Rokok elektrik dengan dengan variasi rasa menarik yang secara langsung dipromosikan kepada anak-anak harus dilarang. Para profesional dan ilmuwan kesehatan perlu berteriak tentang bahaya ini, di luar kantor, laboratorium, dan klinik mereka - hingga keadaan berubah.

Perusahaan multinasional termasuk Big Vape, Big Cannabis, dan Big Tobacco telah menemukan - dan akan terus menemukan - cara baru dan cerdik untuk mengambil keuntungan dari keputusan tragis orang dewasa, remaja dan anak-anak, serta dari kecanduan dan pemahaman yang salah tentang risiko dari produk yang dihirup.

Karena itu, rokok elektronik harus diregulasi secara ketat seperti rokok konvensional.

sumber : https://nationalgeographic.grid.id/read/131868455/peneliti-vaping-jelas-berbahaya-dan-merusak-paru-paru?page=all

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Peta Lokasi