Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Berita Kesehatan

Penyebab Masalah Gangguan Pernafasan


Gangguan pernafasan adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa dimana paru-paru tidak dapat menyediakan cukup oksigen ke tubuh seseorang.


Ada dua tipe utama gangguan pernafasan pernafasan:
- Gangguan pernafasan yang mempengaruhi bayi baru lahir
- Gangguan pernafasan akut yang dapat mempengaruhi orang tanpa memandang usia.


Penyebab Gangguan Pernafasan Pada Anak


Sementara gangguan pernafasan neonatal (RDS) kadang-kadang dapat menjadi akibat masalah genetik yang terkait dengan perkembangan paru-paru, paling sering terjadi kelahiran prematur, terutama bayi yang lahir sekitar enam minggu sebelum tanggal jatuh tempo atau lebih awal.


Penyebab RDS adalah kurangnya cairan di paru-paru bayi yang disebut surfaktan, yang biasanya membantu menjaga kantung udara paru-paru tetap terbuka. Bila tidak ada cukup, kantung ini roboh dengan setiap napas yang diambil bayi; Sel-sel yang rusak terkumpul di saluran napas, sehingga lebih sulit bernafas. Sementara itu, kurang oksigen diambil dan lebih banyak karbon dioksida terbentuk di dalam darah.


Baca juga : Polusi Kendaraan Berpengaruh pada Jantung dan Paru


Gangguan pernafasan neonatal RDS terjadi pada lebih dari setengah bayi yang lahir antara usia kehamilan 28 minggu, namun kurang dari sepertiga dari mereka yang lahir antara 32 dan 36 minggu. Semakin dini bayi, semakin besar risikonya mengembangkan RDS dan semakin parah kondisinya.


Gangguan pernafasan yang mempengaruhi bayi adalah penyebab utama kematian pada bayi, terhitung 20% ​​kematian pada bayi baru lahir.


Semakin dini bayi itu, semakin besar kemungkinan ia akan mengalami sindrom gangguan pernafasan. Ini dua kali lebih umum terjadi pada anak laki-laki sebagai anak perempuan dan kemungkinannya akan terjadi:
- Setelah operasi caesar (c-section)
- Jika ada kekurangan oksigen sebelum lahir
- Jika ibu menderita diabetes


Penyebab Gangguan Pernafasan Pada Orang Dewasa


Penyebab gangguan pernafasan akut yang paling umum adalah infeksi di paru-paru, seperti infeksi dada atau pneumonia. Bekuan di paru-paru atau cedera paru-paru, seperti yang disebabkan oleh kecelakaan mobil, juga bisa memicu kondisinya.


Namun, masalah di bagian tubuh lain juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan akut. Ini termasuk luka bakar, luka kecelakaan, infeksi, transfusi darah, atau bahkan melahirkan.


Baiklah, informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak dimaksudkan untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping. Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan keadaan kesehatan tertentu Anda.

sumber : http://klikpdpi.com/modules.php?name=News&file=article&sid=8223

 
 

PRAKTEK Alamat 1:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur

Alamat 2:
RS Lavalette
, Dr Koentjahja, SpP
WR Supratman 10, Malang 65111
08133175788
Selasa & Kamis, Pukul 17.00 - 18.00

    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711


Peta Lokasi