Update COVID-19 Malang
Jajak Pendapat

Apa saja gejala COVID-19?

Batuk
Pilek
Sakit Tenggorok
Sesak/Nyeri dada
Semua

Klinik Respirasi Malang Klinik Respirasi Malang Whatsapp Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi malang Peta Lokasi Klinik
Berita Kesehatan

7 Gejala Paru-paru Basah Ini Sering Luput dari Pengawasan, Kenali Ya!


Paru-paru basah adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi, sehingga memicu terjadinya inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu bagian paru-paru, atau keduanya. Penyakit ini bisa tergolong ringan atau bahkan serius hingga membahayakan nyawa tergantung dari kondisinya.

Oleh karena itu, ketahui adanya penyakit ini agar tidak berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa ciri jika seseorang menderita paru-paru basah!

1. Nyeri dada

Seseorang yang menderita paru-paru basah akan mengalami nyeri dada yang sangat hebat. Jika sudah memasuki tahap yang lebih berbahaya, biasanya nyeri dada akan disertai dengan batuk yang menyiksa.

2. Kesulitan bernapas

Layaknya penyakit asma, paru-paru basah merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Oleh karenanya, orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan bernapas seperti sedang terkena asma.

3. Kehilangan nafsu makan

Lemahnya kondisi tubuh saat terserang penyakit memang akan membuat nafsu makan menjadi hilang. Salah satunya adalah kondisi di mana kamu mengalami paru-paru basah. 

4. Demam dan berkeringat

Paru-paru basah yang mulai dinyatakan serius biasanya ditandai dengan munculnya demam yang disertai keringat. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh infeksi bakteri yang ada pada paru-paru.

5. Mual dan muntah

Sistem pernapasan yang mengalami kerusakan akibat paru-paru basah nyatanya sangat berpengaruh pada sistem pencernaan. Salah satunya adalah gejala mual dan muntah akibat kondisi sistem pencernaan yang mulai tidak bekerja dengan baik.

6. Batuk kering

Salah satu tanda jika paru-paru basah sudah memasuki tahap yang berbahaya adalah munculnya batuk kering yang disertai dengan dahak. Kondisi terjadi akibat kondisi alveolus terisi cairan atau nanah sehingga penderita paru-paru basah akan kerap mengalami batuk dan kesulitan bernapas.

7. Kulit membiru

Kondisi terparah dari paru-paru basah adalah munculnya gejala-gejala lain berupa warna kulit yang membiru akibat kekurangan oksigen, merasa linglung, batuk berdarah, serta demam tinggi mencapai 39 derajat Celcius. Jika kamu sudah memasuki tahap ini, sebaiknya segera pergi ke dokter atau mencari pertolongan medis di klinik kesehatan terdekat.

Beberapa kondisi tersebut biasanya masih dianggap remeh oleh masyarakat. Sehingga bisa saja menimbulkan penyakit yang berbahaya dan sulit diobati. Untuk itu, kenali tanda penyakitnya dan segera periksakan ke dokter.

sumber : https://www.idntimes.com/health/fitness/m-tarmizi-murdianto/gejala-paru-paru-basah/full

 
 

PRAKTEK Alamat 1:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur

Alamat 2:
RS Lavalette
, Dr Koentjahja, SpP
WR Supratman 10, Malang 65111
08133175788
Selasa & Kamis, Pukul 17.00 - 18.00

    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711


Peta Lokasi