Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Manfaat Berenang, dari Sehat Paru-paru Hingga Memperpanjang Umur


Berenang menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan dalam Islam. Dalam sebuah hadist ditemukan perintah untuk mengajari anak berenang. Berenang memang mendatangkan berbagai manfaat kesehatan. Tulisan ini mengulasnya.


Hadist Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu berbunyi, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). Olahraga air satu ini memang dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membuang stress, bermanfaat untuk kesehatan paru, hingga memperpanjang umur.


Baik untuk Paru-paru


Ketika kepala ada di dalam air, oksigen di tubuh terbatas. “Tubuh beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien,” kata pelatih renang dan triatlon Earl Walton serta pemilik Tailwind Endurance di New York City sebagaimana dilansir dari Kompas.


Oleh karenanya ketika berenang, tubuh pun belajar mengambil udara segar di setiap hela napas dan melepas karbondioksida di setiap buang napas.


Sebuah studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan, perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari. Hal ini berdampak pada detak jantung istirahat lebih rendah dan tekanan darah lebih rendah.


Membuang Stres


Lebih lanjut Walton mengatakan olahraga memang menghasilkan endorfin yang menurunkan kadar stress, tak terkecuali berenang. “Berenang di air pun punya manfaat khusus untuk menaikkan suasana hati,” kata Walton.


Berendam dalam air menumpulkan jumlah informasi sensori yang memborbardir tubuh dan membantu mendatangkan perasaan kalem. Begitu menurut studi yang diterbitkan Pain Research & Management. Mengapung di kolam itu efektif mengurangi gejala pasien yang menderita penyakit berhubungan dengan stres kronis. Tak heran, ada orang yang senang berendam saat sedang stress.


Berenang memiliki efek meningkatkan suasana hati dan dapat menurunkan tingkat stres. Manfaat renang selama 30 menit, tubuh Anda akan merasa rileks dan bebas stres. Jadi, lepaskan stres dari bahu Anda dengan berenang.


Menurunkan Berat Badan


Bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, manfaat renang yang bisa didapatkan adalah kemampuannya membakar kalori. Sebuah penelitian mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori.


Menurut para peneliti di Universitas Indiana, sebagaimana dikutip dari doktersehat, ketika mereka membandingkan perenang rekreasi dengan perenang profesional, ditemukan bahwa perenang profesional dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.


Berenang Memperpanjang Hidup


Sejatinya semua olahraga dapat menghasilkan kondisi terbaik bagi kesehatan sehingga memperjang umur. Studi menunjuk bahwa berenang sebagai salah satu pilihan terbaik untuk melakukannya.


Dilansir dari republika, para peneliti di University of South Carolina mengamati 40.547 pria, berusia 20 hingga 90 tahun, selama lebih dari 32 tahun. Hasilnya menunjukkan mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 persen lebih rendah daripada pelari, pejalan kaki, atau pria yang tidak berolahraga.

sumber : https://mukisi.com/1675/manfaat-berenang-dari-sehat-paru-paru-hingga-memperpanjang-umur/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi