Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

7 Cara Menjaga Paru-Paru Supaya Sehat Sampai Tua


Paru-paru memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Ketika paru-paru bermasalah, pernapasan kita juga ikut bermasalah karena organ yang berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.


Agar proses pernapasan lancar, kita perlu menjaga paru-paru dengan baik. Caranya bisa kita mulai dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Ini dia beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru:


1. Kurangi Merokok, Kalau Perlu Berhentilah


Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang jika menggumpal di dalam paru-paru dapat merusak paru-paru. Jika gumpalan asapnya tidak segera disedot, maka dapat menimbulkan penyakit kanker paru dan obstruktif kronis.


Cara mudah untuk membersihkan paru-paru adalah dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap. Kalau perlu, berhentilah merokok agar kondisi paru-paru membaik dari hari ke hari.


2. Jauhkan Diri dari Asap Rokok dan Debu


Rokok bukan hanya menyerang perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Meskipun Anda tidak merokok, tapi jika asap rokoknya sampai terhirup maka Anda juga berpotensi terkena penyakit paru-paru.


Penelitian menyebutkan, menjadi perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif karena perokok pasif menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif. Jika Anda sering berada di lingkungan pergaulan perokok aktif, sebaiknya menjauhlah.


Begitu juga dengan debu. Kemanapun Anda pergi, jangan lupa pakai masker agar debu tidak masuk ke saluran pernapasan.


3. Kurangi Kebiasaan Minum Alkohol


Sadar atau tidak, alkohol yang Anda konsumsi dalam sebotol minuman dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru, sehingga pernapasan dapat terganggu. Oleh karena itu, kurangi konsumsi minuman beralkohol.


Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, atau susu beruang agar gumpalan asap rokok pada paru-paru bersih seperti semula.


4. Olahraga Ringan Setiap Pagi


Jadilah orang yang aktif. Aktif dalam arti rutin berolahraga agar kinerja paru-paru semakin meningkat. Dengan olahraga teratur, kinerja jantung akan meningkat secara otomatis sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah banyak. Dan hasilnya, Anda terhindar dari penyakit paru-paru.


Olahraga tidak perlu terlalu lama. 10 – 20 menit setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan membuat tubuh semakin sehat. Untuk jenis olahraganya sendiri bebas, seperti lari, senam, pilates, atau zumba.


5. Jaga Kebersihan Udara di Sekitar


Mengingat jumlah polusi udara di Indonesia terlalu banyak, Anda perlu lebih memperhatikan kebersihan udara di sekitar agar penyakit paru-paru tidak bertambah parah. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker untuk menghalangi masuknya polusi udara ke hidung.

Begitu juga dengan kebersihan udara di rumah. Untuk meredam polusi udara yang masuk lewat jendela atau pintu, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah atau menanam pohon di sekitar pekarangan rumah.

Tanaman hijau dikenal sebagai penyerap zat karbon dan penyuplai oksigen terbaik yang akan membuat lingkungan di sekitar rumah Anda lebih sejuk.

6. Hindari Segala Sesuatu yang Berbau Tajam


Barang-barang yang memiliki bau tajam, seperti bau busuk atau bau basi dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Karena pada saat bau tersebut masuk ke hidung, bulu hidung tidak dapat bekerja maksimal untuk menyaring bau. Alhasil, bau tersebut langsung masuk ke saluran pernapasan dan melemahkan kinerja saluran pernapasan.


Jika Anda memiliki penyakit paru-paru, sebaiknya menjauhlah dari segala jenis sumber baru. Jika bau tersebut sudah masuk ke hidung, sebaiknya hirup benda-benda yang dapat menetralisir bau tersebut, seperti aromatherapi atau bubuk kopi.

7. Terapkan Pola Makan Sehat


Perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya ampuh membersihkan paru-paru. Makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah wajib ada di dalam menu makanan sehari-hari agar kotoran yang menggumpal di paru-paru segera bersih.

Sebaliknya, hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi.


Lakukan Check Up Secara Rutin

Kondisi paru-paru Anda akan segera membaik jika Anda mau menerapkan 7 cara menjaga paru-paru di atas. Jika penyakit paru-paru bertambah parah, sebaiknya lakukan check up secara rutin ke dokter paru untuk mengetahui perkembangan kondisi paru-paru yang sebenarnya.

sumber : https://www.cermati.com/artikel/7-cara-menjaga-paru-paru-supaya-sehat-sampai-tua

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Peta Lokasi