Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Perbedaan Antara Paru-paru Kanan Dan Kiri


Paru-paru adalah organ terbesar yang ditemukan dalam sistem pernapasan kebanyakan hewan. Paru-paru manusia adalah sepasang organ berbentuk kerucut, berbaring di rongga dada di atas diafragma. Pada manusia dewasa, berat kedua paru-paru sekitar 2,3 kg dan mengandung 300-500000000 alveoli. Jantung dan pembuluh besar di mediastinum tengah memisahkan paru-paru kiri dan kanan, dan masing-masing berisi dasar, permukaan lateral atau Kosta dan permukaan medial.

Kecuali permukaan medial (disebut hilus), semua permukaan lain dari paru ditutupi dengan pleura. Arteri pulmonalis memasuki paru-paru, dan pembuluh darah paru meninggalkannya, di ‘hilus’. Paru-paru terdiri dari dua zona, yaitu zona konduksi dan zona pernapasan.

Zona konduksi terdiri dari trakea, bronkus, bronkiolus dan bronkiolus terminal yang digunakan untuk konduksi udara dalam sistem pernapasan. Seperti namanya, zona pernapasan terlibat dalam respirasi, dan itu terdiri dari bronkiolus pernapasan, saluran alveolar, dan alveoli. Fungsi utama paru-paru adalah mengambil oksigen ke dalam tubuh dan menghilangkan karbon dioksida sebagai limbah dari tubuh melalui proses pertukaran gas.

Paru-paru Kanan

Sisi kanan dari sepasang organ, bagian utama sistem pernafasan, di bagian depan rongga dada atau toraks dikenal sebagai paru-paru kanan. Paru-paru kanan memiliki tiga proyeksi yang disebut lipatan atas, tengah dan bawah. Udara yang kita masuki memasuki hidung atau mulut, bergerak melalui tenggorokan yang disebut pharynx dan kotak suara yang disebut larynx dan memasuki tenggorokan yang disebut trakea. Partisi trakea menjadi dua tabung kosong yang disebut bronchi.

Dasar yang benar dimana bronkus adalah kata untuk salah satu bronkus memasok paru-paru yang tepat. Bronkus primer kiri memasok paru kiri. Bronkus ini kemudian melanjutkan ke partisi ke bronki littler. Partikel bronki kecil menjadi tabung kosong littler dan littler yang disebut bronchioles, tabung udara paling kecil di paru-paru. Istilah restoratif untuk semua tabung udara dari hidung dan mulut sampai ke bronkiolus adalah ‘saluran pernapasan.’

Saluran pernapasan bagian bawah berasal dari laring. Paru-paru manusia bukanlah ukuran yang sama. Paru-paru kanan agak lebih luas dibanding paru-paru kiri. Namun, itu juga lebih pendek. Paru-paru kanan lebih pendek karena perlu disiapkan untuk hati, yang sesuai di bawahnya. Paru-paru kiri lebih kecil karena harus memperhitungkan jantung. Biasanya, paru-paru seorang pria bisa menahan udara lebih banyak dari pada wanita. Paru-paru pria bisa menahan sekitar 750 sentimeter kubik udara sementara wanita bisa menahan sekitar 285 sampai 393 cc udara.

Paru-paru Kiri

Sisi kiri dari sepasang organ, bagian utama sistem pernafasan, di bagian depan rongga dada atau toraks dikenal sebagai paru-paru kiri. Paru-paru kiri hanya memiliki dua flaps, bagian atas dan bawah. Paru-paru adalah salah satu organ yang paling rajin di tubuh. Mereka memperpanjang dan mengontrak hingga 20 kali setiap saat untuk memasok oksigen yang akan diedarkan ke jaringan di mana-mana di seluruh tubuh dan menghilangkan karbon dioksida yang telah dibuat di seluruh tubuh.

Setiap paru-paru merumahkan pohon bronkial, yang mendapat namanya dari sistem majelis bagian udara yang memasok paru-paru dengan udara. Kantung udara yang terisi di paru-paru yang disebut alveoli diambil setelah kelompok anggur. Trombosit putih dikenal sebagai makrofag, terletak di dalam setiap alveolus, menelan dan menghancurkan kejengkelan udara yang masuk ke paru-paru. Setelah Anda bernafas, paru-paru tetap tidak meluas karena cairan yang disebut surfaktan yang dikirim oleh sel luar biasa dan dibuang ke dalam alveoli. Surfaktan mengandung protein berminyak dan mengantisipasi penyakit paru-paru. Cerebrum mengendalikan irama nafas yang penting.

Beberapa bagian pikiran yang disebut batang otak memiliki zona luar biasa yang berkomitmen untuk menjaga contoh pernapasan Anda. Saraf motivasi dari batang otak mengendalikan penyempitan perut dan otot santai lainnya. Semuanya bisa dikelola tanpa mempertimbangkan. Bagaimanapun, bagian otak yang berbeda dapat secara singkat mengesampingkan batang otak. Begitulah cara kita dengan sengaja menahan napas atau mengubah teladan kita untuk santai.

 

Perbedaan Utama

  • Sisi kanan dari sepasang organ, bagian utama sistem pernafasan, di bagian depan rongga dada atau toraks dikenal sebagai paru kanan. Di sisi lain, sisi kiri dari sepasang organ, bagian utama sistem pernafasan, di bagian depan rongga dada atau toraks dikenal sebagai paru kiri.
  • Jumlah lobus yang ada di kedua paru-paru membuat perbedaan utama di antara keduanya. Paru kanan memiliki tiga nodus berbeda yang dikenal sebagai lobus superior, tengah dan inferior. Di sisi lain, jumlah nodus yang ada di paru-paru kiri adalah dua dan memiliki nama di atas dan bawah.
  • Struktur kedua paru juga memiliki sifat yang berbeda. Sementara paru kanan memiliki bagian tubuh yang lebih pendek dan lebih lebar, paru-paru kiri memiliki ukuran lebih besar namun lebih sempit dari yang lain.
  • Alasan mengapa kedua paru-paru tidak memiliki ukuran yang sama menjadi kantung jantung tebal yang ada di dalam batas paru-paru kiri dan memberinya pembedaan, padahal tidak memiliki peran di paru-paru kanan.
  • Paru-paru kiri memiliki celah yang miring sedangkan paru kanan memiliki fisura miring dan horisontal.

Itulah perbedaan antara paru-paru kanan dan kiri yang mungkin sebelumnya belum anda ketahui. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda.

sumber : http://www.martinrecords.com/health/perbedaan-antara-paru-paru-kanan-dan-kiri/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Peta Lokasi