Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

6 Cara Menghilangkan Flek Paru-Paru Secara Alami


Flek paru-paru adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan umumnya lebih dikenal dengan sebutan TBC atau Tuberculosis. Gejala TBC paru atau flek paru-paru sangat berbahaya dan dapat menular. Dikategorikan sangat berbahaya karena penyakit ini tidak hanya menyerang paru-paru, namun juga organ vital lainnya.  Oleh karena itu, seseorang yang dalam kondisi sehat harus berhati-hati jika berada di dekat orang yang mengidap flek paru-paru atau TBC karena salah satu cara penularan TBC atau flek paru-paru yaitu melalui udara.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan jelas mengenai penyakit flek paru-paru yang sangat berbahaya, pada artikel kali akan dijabarkan secara menyeluruh mengenai flek paru-paru, mulai dari penyebab, ciri-ciri, hingga cara menghilangkan flek paru-paru menggunakan cara-cara yang alami dan juga terbukti ampuh menyembuhkan.

Penyebab Munculnya Flek Paru-paru

Flek paru-paru atau TBC paru merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang penyebab utamanya adalah infeksi paru-paru akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. Meskipun demikian, ada penyebab-penyebab lain yang juga merupakan pencetus seseorang bisa terserang penyakit flek paru-paru atau TBC paru. Berikut adalah penyebab-penyebab lainnya:

  1. Memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang sedang lemah
  2. Bekerja di area-area yang berpotensi besar terjangkit bakteri penyebab flek paru-paru
  3. Memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol
  4. Berada di sekitar orang yang memiliki penyakit flek paru-paru tanpa menggunakan protektor
  5. Kondisi ruangan yang terlalu lembab
  6. Tidak mendapatkan penangan medis yang benar pada saat mengalami gejala-gejala infeksi paru-paru

Beberapa poin yang telah disebutkan diatas merupakan hal-hal yang umumnya menjadi pemicu atau penyebab seseorang bisa mengalami penyakit flek paru-paru atau TBC paru. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik situasi tempat Anda tinggal, kenali gejala-gejalanya, dan hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan munculnya flek paru-paru.

Gejala Flek Paru-paru

Seseorang yang mengidap penyakit flek paru-paru terkadang tidak menyadari sedang terjangkit virus dan bakteri penyebab flek paru-paru. Namun, dalam jangka waktu tertentu, tubuh akan menunjukkan gejala-gejala atau ciri-ciri penyakit flek paru-paru seperti berikut ini:

  1. Mengalami kesulitan dalam bernapas. Setiap kali ingin menarik napas, dada terasa sesak dan sakit serta oksigen yang dapat diserap oleh paru-paru dalam jumlah yang sedikit atau terbatas. Seringkali kesulitan bernapas ini juga diikuti dengan mengeluarkan suara atau bunyi setiap kali menarik napas.
  2. Mengalami batuk berdahak. Rasa sakit dan sesak ketika menarik napas umumnya juga diikuti dengan batuk berdahak. Seringkali, batuk berdahak ini lah yang menjadi penyebab dada menjadi sesak dan sakit setiap kali menarik napas.
  3. Mengalami batuk akut. Tidak hanya batuk berdahak, salah satu gejala flek paru-paru juga menunjukkan tanda-tanda batuk akut yang tidak kunjung berhenti dalam waktu yang lama. Meskipun sudah beberapa kali diobati dengan obat pereda batuk yang dijual di warung-warung, namun batuk tak kunjung sembuh.
  4. Mengalami batuk yang mengeluarkan darah. Pada kasus yang sudah parah, seseorang yang terjangkit flek paru-paru akan mengalami batuk berdahak dan akut serta mengeluarkan darah. Tanda ini akan dialami ketika kondisi flek paru-paru sudah dalam kondisi parah dan harus ditangani secara tepat dengan bantuan tenaga medis.
  5. Nafsu makan menurun secara drastis. Seseorang yang mengidap flek paru-paru akan seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena batuk akut dan berdahak yang mengakibatkan tenggorokkan terasa sakit bahkan radang sehingga akan terasa sulit ketika menelan makanan.
  6. Menurunnya berat badan secara signifikan. Seiring dengan nafsu makan yang terus menurun, bobot tubuh juga mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat sedikitnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  7. Sering berkeringat di malam hari. Seseorang yang memiliki penyakit flek paru-paru juga seringkali menunjukkan tanda-tanda berkeringat di malam hari. Bahkan pada saat situasi sedang tidak panas, tubuh akan tetap mengeluarkan keringat, khususnya keringat dingin.
  8. Mudah merasa lelah. Seorang yang mengalami penyakit flek paru juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti tubuh yang cepat merasa lelah dan juga lesu. Seiring dengan itu, wajah juga seringkali pucat dan terlihat tidak bersemangat.
  9. Mengalami demam. Gejala atau tanda-tanda penyakit flek paru-paru yang terakhir yaitu mengalami demam. Pada kasus yang sudah parah, seseorang yang terjangkit flek paru-paru akan mengalami demam yang serius.

Cara Menghilangkan Flek Paru-paru Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan flek paru-paru yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara-cara alami. Berikut ini adalah obat flek paru-paru alami yang sudah terbukti ampuh dapat mengatasi flek paru-paru.

1. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan flek paru-paru secara alami. Kandungan anti bakteri dalam bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab flek paru-paru. Oleh karena itu, jika ingin sembuh dari penyakit flek paru-paru, maka sebaiknya konsumsi lebih banyak bawang putih setiap harinya.

2. Buah Nanas

Buah yang kaya serat dan kandungan air serta vitamin C ini ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan flek paru-paru yang alami dan berkhasiat. Dengan cara dibuat jus, buah nanas seringkali dikonsumsi penderita flek paru-paru karena dapat membersihkan lendir yang disebabkan oleh batuk berdahak. Jika ingin hasil yang lebih baik, maka konsumsi buah nanas secara rutin.

3. Kembang Sepatu

Cara menghilangkan flek paru-paru secara alami dan terbukti ampuh bisa juga dengan menggunakan kembang sepatu. Caranya yaitu dengan menggiling bunga kembang sepatu hingga halus lalu dicampurkan dengan air panas. Minum air kembang sepatu yang sudah disaring terlebih dahulu tersebut untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Daun Sambiloto

Cara menghilangkan flek paru-paru selanjutnya yang juga ampuh yaitu dengan menggunakan daun sambiloto. Caranya yaitu menggunakan daun sambiloto yang dikeringkan terlebih dahulu. Tumbuk halus daun sambiloto kering tersebut lalu campurkan dengan sedikit madu dan air lalu minum. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan ini 2-3 kali dalam sehari.

5. Akar Lempuyang Wangi

Cara menghilangkan flek paru-paru secara alami dapat juga dengan menggunakan akar lempuyang wangi. Caranya yaitu dengan mencuci bersih akar lempuyang wangi lalu potong dengan ukuran kecil-kecil kemudian direbus. Konsumsi air rebusan akar lempuyang wangi tersebut minimal 1-2 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

6. Tanaman Buah Ciplukan

Tanaman buah ciplukan ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan flek paru-paru secara alami.  Caranya yaitu dengan merebus tanaman buah ciplukan sampai benar-benar matang lalu ambil airnya untuk dikonsumsi minimal 2-3 kali sehari.

Cara-cara di atas adalah cara-cara alami atau tradisional yang umumnya dilakukan banyak pengidap flek paru-paru. Namun perlu diingat, cara-cara ini hanya cocok untuk penyakit flek paru-paru dengan level ringan. Untuk level yang sudah akut dan kronis, cara terbaik yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan bantuan medis agar dapat ditangani secara tepat.

Tips Mencegah Flek Paru-paru

Penyakit flek paru-paru sebenarnya dapat dicegah dengan cara-cara tertentu, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Melalui vaksinasi
  2. Mengonsumsi makanan yang kaya gizi
  3. Melakukan olahraga secara rutin
  4. Menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit flek paru-paru
  5. Perhatikan kecukupan vitamin harian
  6. Mengonsumsi madu.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai penyakit flek paru-paru, mulai dari penyebab, gejala-gejala, cara mencegah, hingga cara menghilangkan flek paru-paru secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya penyakit flek paru-paru dapat dicegah dengan cara menghindari hal-hal yang menjadi penyebab atau pemicunya. Selain itu, menjalani pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi juga dapat menjadi cara terbaik untuk terhindar dari flek paru-paru.

sumber : https://halosehat.com/penyakit/tbc/cara-menghilangkan-flek-paru-paru

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi