Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Ayo Jalani Hidup Sehat Dengan Paru-Paru Sehat


Paru-paru merupakan organ pada sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Manusia memiliki dua paru-paru yaitu paru kiri dan paru kanan. Paru kiri memiliki dua lobus sehingga ukurannya lebih kecil dari paru kanan yang memiliki tiga lobus.

Paru-paru yang sehat mampu menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah sehingga memberikan dampak bagus bagi tubuh agar bisa bekerja dan melakukan aktifitas dengan baik. Paru-paru merupakan organ yang sangat berperan dalam sistem pernapasan bagi manusia. Jika terjadi sesuatu pada paru-paru atau organ ini berfungsi kurang baik, maka bisa berakibat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Tentunya salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak merokok. Namun selain itu, ada 5 cara lain yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

1.  Mengonsumsi Antioksidan

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, disarankan secara rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, khususnya yang kaya kandungan vitamin C. Karena buah-buahan tersebut dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

2.  Rutin Melakukan Olahraga

Untuk sebagian orang, melakukan olahraga adalah hal yang sulit. Padahal dengan rutin melakukan olahraga banyak manfaat yang bisa didapat. Maka dari itu, mulailah berolahraga secara bertahap. Dengan minimal melakukannya sebanyak 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau jogging.

3.  Menjauhi Asap Rokok

Seseorang yang bukan perokok namun menghirup asap rokok berisiko mengidap penyakit yang sama dengan perokok. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari perokok pasif adalah dengan melarang perokok untuk merokok di dalam rumah, mobil, atau lingkungan kerja.

4.  Meningkatkan Udara di Dalam Ruangan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan memastikan udara masuk ke dalam rumah secara cukup. Kamu bisa membuka jendela saat sedang membersihkan perabotan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya.

5.  Menghindari Paparan Polusi

Dalam aktivitas sehari-hari sebaiknya hindari terkena paparan polusi seperti debu, asap, abu, dan lain-lain. Polusi udara di dalam dan luar ruangan bisa menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi seseorang yang memiliki penyakit paru-paru. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi udara agar tetap bersih:

Lingkungan di Luar Ruangan

  1. Tidak membiarkan mesin mobil menyala ketika tidak dipakai.
  2. Tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya dihalaman dan taman.
  3. Gunakan masker saat kamu mengendarai motor.

Lingkungan di Dalam Ruangan

  1. Membersihkan secara berkala peralatan rumah tangga.
  2. Menjaga kebersihan lantai, kamar mandi, dan dapur.
  3. Menjaga kebersihan sofa, Kasur, dan bantal dari debu.
  4. Menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.

 
Itu dia beberapa langkah untuk menjaga kesehatan paru paru. Sebaiknya berdiskusi secara rutin bersama dokter untuk mengetahui kondisi paru-paru maupun organ lainnya.

sumber : https://www.halodoc.com/hidup-lebih-sehat-dengan-menjaga-kesehatan-paru-paru

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711
Peta Lokasi