Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Artikel Kesehatan
Senin, 04 Agustus 2014 09:09:01LYMPHADENITIS TUBERCULOSA DIRONGGA DADA DAN LEHER

Koentjahja

Djati Sampurno

 

PENDAHULUAN.

       Dinegara negara dimana angka kesakitan Tuberculosa masih tinggi dan merupakan penyakit rakyat, maka selain Tuberculosa Paru penting juga diperhatikan dan diwaspadai terhadap kemungkinan hadirnya Tuberculosa luar paru khususnya Lymphadenitis Tuberculosa.  Dari kasus Tuberculosayang didapati duapertiganya adalah Tuberculosa paru, sedang sisanya merupakan kasus Tuberculosa diluar paru (Tuberculosa Extrapulmonal) dan pada kelompok ini ternyata jumlah yang terbanyak dijumpai adalah Tuberculosa pada kelenjar getah bening (Lymphadenitis Tuberculosa-LT).

 

20332x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 14:19:18SEORANG PENDERITA LIMFOMA MALIGNA DENGAN MANIFESTASI ILEUS OBSTRUKTIF

Koentjahja

Zainal Effendi

 

 

PENDAHULUAN

          Seperti diketahui, keganasan dari jaringan pembentuk sel darah putih dibedakan menjadi: 

  1. Pertumbuhan keganasan di sumsum tulang, menyebabkan keadaan yang dikenal dengan LEUKEMIA, akan menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih didalam sirkulasi. Kadang-kadang saja dijumpai keadaan dimana tidak terdapat pelimpahan (spill over) sel darah putih ganas kedalam sirkulasi sehingga sel darah putih dijumpai rendah atau normal dalam sirkulasi. Keadaan ini disebut aleukemik leukemia.
 

1383x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 14:02:22BRONKOSKOPI SERAT OPTIK PADA ANAK

Koentjahja

Gunadi Santoso, Makmuri MS

 

PENDAHULUAN

       Bronkoskopi adalah suatu tindakan untuk melihat dan mengadakan manipulasi pada percabangan yang besar dari traktus respiratorius untuk tujuan diagnostik maupun terapeutik.

       Berbeda dengan bronkoskop kaku yang relatif lebih besar diameternya, berlubang ditengahnya (merupakan "artificial airways") dan tidak dapat dibengkokkan; maka bronkoskopi serat optik (BSO) yang terdiri dari seberkas serat optik mempunyai ukuran diameter yang lebih kecil, solid, dapat dibengkokkan dan kurang menimbulkan rasa tidak enak bagi penderitanya. Dilain pihak, mutu resolusi gambar yang diperoleh dengan BSO tidak sebaik bronkoskopi kaku dan saluran yang ada ditengah BSO sangat kecil dengan akibat terbatasnya tindakan operatif yang dapat dilakukan. Perlu disadari bahwa bronkoskop kaku masih diperlukan untuk kasus kasus anak tertentu, dan BSO anak bagaimanapun tak dapat menggantikan fungsi bronkoskop kaku seluruhnya.

 

1639x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 14:00:34VAKSINASI BCG PADA ERA PENGEMBANGAN PROGRAM IMUNISASI di JAWA TIMUR

Koentjahja

Eddy Pranowo Soedibyo MPH

 

PENDAHULUAN

          Program imunisasi adalah salah satu program kesehatan yang mempunyai peranan cukup besar dalam rangka menurunkan angka kematian bayi dan balita. Vaksinasi BCG adalah salah satu unsur program imunisasi, yang  dalam Pelita IV ini merupakan salah satu program prioritas dari Departemen Kesehatan.

 

1262x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:59:23SINDROMA GOODPASTURE

Koentjahja

M.Yogiantoro

 

PENDAHULUAN         

          Istilah sindroma Goodpasture pada awalnya digunakan untuk semua penderita dengan perdarahan pada paru yang disertai keradangan ginjal, dan dikenal sebagai salah satu dari sindroma pulmorenal yang ada.

          Belakangan istilah ini secara lebih tepat digunakan untuk penderita yang pada darahnya beredar autoantibodi terhadap membrana basalis (anti basement membrane antibody). Autoantibodi ini bereaksi dengan antigen membrana basalis diginjal dan diparu dan merupakan penyebab terjadinya perdarahan paru dan keradangan ginjal. Dilain pihak pada Perdarahan Pulmoner Idiopatik (IPH-Idiopathic Pulmonary Hemmorrhage) yang mempunyai manifestasi toraks yang identik dengan sindroma Goodpasture, tidak dijumpai autoantibodi terhadap membrana basalis.

 

1844x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:58:07PENYULIT INTRATORAKAL DARI TUBERKULOSA PARU

Koentjahja

Bambang Soeprijanto, Sugeng Suprijono

 

PENDAHULUAN

       Tuberkulosa  dianggap  sebagai  suatu  kesatuan   penyakit (disease entity), sejak ditemukannya kuman Mikobakterium  tuberkulosa sebagai penyebabnya oleh Robert Koch pada tahun 1882.  Sebagian besar penularan terjadi melalui saluran napas (droplet infection), sebagian kecil melalui saluran pencernaan, sebagian kecil lainnya melalui jalan selain yang telah disebutkan terdahulu.

 

2384x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:56:40PERANAN BIOPSI ASPIRASI TRANSBRONKIAL SEBAGAI SARANA DIAGNOSTIK DAN PENDERAJATAN TUMOR GANAS PARU.
  1. Judul Penelitian:

PERANAN BIOPSI ASPIRASI TRANSBRONKIAL

SEBAGAI SARANA DIAGNOSTIK

DAN PENDERAJATAN TUMOR GANAS PARU.

 

  1. Ruang lingkup penelitian:

Penelitian terapan dibidang diagnostik paru.

 

1034x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:55:11NOCTURNAL ASTHMA (ASMA MALAM)

Koentjahja

Ida Bagus Rai

 

 

PENDAHULUAN

     Asma adalah penyakit dengan gejala yang sangat bervariasi baik antar individu maupun dari waktu kewaktu pada satu individu. Pada asma malam serangan terutama terjadi pada tengah malam atau dini hari dimana faal parunya adalah terendah (<80td_persen PEFR rata2 sehari)dan selanjutnya menyebabkan kurangnya tidur dan gangguan baik untuk penderita maupun keluarganya. Asma malam adalah manifestasi klinis asma yang sering terjadi. 

 

3401x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:53:48ADULT RESPIRATORY DISTRESS SYNDROME

Koentjahja

Iwan N. Boestan.

 

PENDAHULUAN

          Sembab paru bisa dibedakan menjadi 2 kelompok utama menurut mekanisme terjadinya, yaitu kelompok peningkatan tekanan hidrostatik mikrovaskuler paru dan kelompok peningkatan permia-bilitas mikrovaskuler paru. Kelompok peningkatan permiabilitas mikrovaskuler merupakan patogenese terjadinya gangguan yang dikenal sebagai "Adult Respiratory Distress Syndrome" (ARDS).  

 

1673x baca| Readmore

 
 
Sabtu, 02 Agustus 2014 13:51:50SEORANG PENDERITA DENGAN MASS SOLITER DI RONGGA DADA KANAN

* Koentjahja., Soetjipto D.

                  ** Soemarno.

                *** Chunadi E., Triono KSP.

              **** Setiono Basuki., Prayogo.

***** Soebagjo R., Sri P., Soegeng S.

 

        * Seksi/UPF Pulmonologi FK Unair/RSUD Dr.Soetomo

                  ** Departemen Pulmonologi Rumkital Dr.Ramelan

    *** Lab./UPF Radiologi FK Unair/RSUD Dr.Soetomo

              **** Lab./UPF Chirurgi FK Unair/RSUD Dr.Soetomo

***** Lab./Inst.P.A. FK Unair/RSUD Dr.Soetomo

 

1407x baca| Readmore

 
 
 
 

PRAKTEK Alamat lama:
Apotik Kimia Farma 53
Kawi 22A, Malang
Alamat baru: (TMT 1/1-13)
RS Panti Waluya Sawahan / RKZ,
Lantai II-N

Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 0341-568711

Peta Lokasi