Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

Sesak Napas Belum Tentu Asma


Jika seseorang tidak bisa leluasa menghirup udara, sehingga napas jadi cepat dan memburu, kemungkinan merupakan gejala sesak napas.

Persoalannya, banyak yang mengira kalau sesak napas itu sudah pasti asma, padahal belum tentu, tergantung pada penyebab sesaknya, ada yang mengalami kondisi ini hanya sekali atau kambuhan.

Dari ulasan dokter Made, Jumat (10/11/2017), olahraga yang sangat berat, suhu ekstrem, obesitas, dan ketinggian semuanya dapat menyebabkan sesak napas pada orang yang sehat. "Sulit bernapas juga bisa disebabkan oleh masalah medis atau penyakit," diungkap laman tersebut.

Berikut beberapa penyebab sesak napas yang muncul tiba-tiba dan yang sering muncul atau jangka panjang.

Masalah paru-paru


Kanker paru-paruHipertensi pulmonal (tekanan darah tinggi di dalam pembuluh darah paru-paru)Sarkoidosis (kumpulan sel inflamasi dalam tubuh)Tuberkulosis

Masalah jantung


Kardiomiopati (masalah dengan otot jantung) Aritmia jantung gagal jantung perikarditis (pembengkakan selaput yang mengelilingi jantung).

Bagaimana cara mengatasi sesak napas


Cara mengatasi kesulitan bernapas untuk setiap orang tidak sama. Oleh karena itu dibutuhkan diagnosis yang tepat mengenai penyebab kondisi Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas karena asma atau alergi, maka yang perlu Anda lakukan adalah menghindari unsur-unsur pemicu seperti debu, asap rokok, polusi udara, bulu hewan peliharaan, atau serbuk sari. Jaga selalu kebersihan rumah Anda agar terbebas dari debu, kutu, atau tungau.

Orang yang sulit bernapas juga bisa ditangani dengan obat-obatan yang dihirup atau diminum. Tujuannya membantu meringankan atau mencegah obstruksi jalan napas dan produksi lendir yang berlebihan.

Jika alergi Anda sudah parah, kemungkinan akan diberikan obat hirup, yang juga bisa diterapkan oleh penderita sinusitis. Jika Anda menjalani pengobatan dengan obat hirup, pastikan pasokannya memadai dan alatnya bekerja dengan baik.

Bagi Anda yang mengalami sesak napas akibat penyakit serius, mungkin harus menjalani perawatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu dari dokter. Konsultasikan kepada dokter mengenai pengobatan apa yang tepat untuk Anda.

sumber : http://www.netralnews.com/news/kesehatan/read/112965/sesak.napas.belum.tentu.asma

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi