Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

Cara Mengobati TBC dengan Daun Salam Koja


Penyakit tuberculosis atau lebih dikenal pula dengan sebut TBC. Merupakan sejenis penyakit yang menyerang paru-paru karena bakteri mycobakterium tuberculosis. Sejenis bakteri yang ditularkan saat batuk melalui udara.


Cara Mengobati TBC dengan Daun Salam Koja


Pengobatan TBC ini sangat membutuhkan waktu yang lama, karena bakteri tersebut memiliki kekuatan yang tinggi. Jenis bakteri ini dapat lebih sering menginfeksi organ paru-paru dengan 90% dibandingkan bagian tubuh lainnya. Meski umumnya TBC lebih sering menyerang bagian paru-paru, namun beberapa organ lainnya.


Seperti usus, ginjal, tulang, kandungan, getah bening serta otak pun dapat terserang pula. Terdapat beberapa orang yang berisiko tertular oleh penyakit TBC ini. Seperti orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, yang mengidap diabetes, HIV/AIDS, serta seseorang yang telah menjalani kemoterapi.


Orang yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi, pecandu narkoba, seorang perokok, serta orang yang kerap berhubungan langsung dengan pengidap TBC. Penyakit TBC pun tergolong ke dalam jenis penyakit serius yang bisa diupayakan sembuh jika diobati dengan benar. Dan dilakukan dengan cara yang tepat.


Langkah awal dari penyembuhan penyakit TBC ialah mengonsumsi jenis obat antibiotik dengan jangka waktu tertentu. Atau dengan melakukan langkah utama yaitu pemberian vaksin penyakit TBC. Di Indonesia pun vaksin tersebut sudah menjadi imunisasi wajib sejak dini. Selain itu, pengobatan TBC pun bisa dilakukan dengan cara lain.


Cara Mengobati TBC dengan Daun Salam Koja


Salah satunya dengan melakukan pengobatan menggunakan cara alami dari tanaman tradisional. Yaitu dengan memanfaatkan tanaman daun salam koja. Daun salam koja atau dikenal juga dengan nama daun kari merupakan sejenis tanaman yang berperan penting dalam dunia kuliner, khususnya di India. Daun ini biasa digunakan untuk menambah aroma dan rasa.


Daun salam koja pun diketahui banyak mengandung kandungan baik yang dapat mencegah serta mengobati berbagai jenis penyakit. Termasuk untuk penyakit TBC Anda saat ini. Untuk cara pengolahannya pun mudah, Anda cukup siapkan daun salam koja, daun sirih dan lobak cina lalu cuci bersih bahan. Lalu rebus hingga mendidih dengan air secukupnya hingga menyisakan untuk setengahnya.

sumber : http://www.infokitasemua.com/cara-mengobati-tbc-dengan-daun-salam-koja/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi