Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

Begini Tips Atasi Batuk saat Mudik Lebaran


Hari Raya Idul Fitri menjadi saat yang dinanti setelah selama sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Mudik ke kampung halaman menjadi salah satu tradisi yang kerap dijalani oleh masyarakat Indonesia saat Lebaran tiba.


Tapi, perjalanan Kamu akan terasa tidak menyenangkan bila kesehatan fisik selama mudik Kamu mengalami gangguan. Salah satu yang sering dialami adalah gangguan batuk. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab Kamu mengalami batuk yang tak kunjung reda, dan itu sangat menjengkelkan.


Namun sebenarnya, batuk juga memiliki maksud positif lho, Gengs. Menurut Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Centre di Cardiff University, seperti yang dikutip dari Mirror.co.uk,batuk sebenarnya memiliki tujuan penting, karena ini cara tubuh Kamu menjaga hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke paru-paru. Namun sayangnya, batuk pasca-virus gejalanya bisa bertahan lama di tubuh.


Meski hal tersebut membantu Kamu untuk lebih memaklumi kondisi saat batuk, namun tentunya Kamu tidak mau berlama-lama mengalaminya kan, Gengs. Nah, ini ada beberapa tips untuk menyingkirkan batuk dan membuat perjalanan mudik menjadi nyaman. Berikut seperti dilansir guesehat.com.


1. Tetap terhidrasi


Saran terbaik adalah menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik jika Kamu sedang flu dan batuk, karena akan membantu mengurangi radang selaput lendir. Selain itu, dengan minum banyak cairan juga akan melumasi dan menjaga tenggorokan. Kamu bisa mencoba minum air hangat dengan madu dan lemon.


2. Istirahat yang cukup


Jangan terlalu memforsir tubuh saat dalam kondisi ini, lebih baik istirahat yang cukup untuk memulihkan tubuh dengan cepat. Saat Kamu sedang mudik, usahakan untuk selalu istirahat selama perjalanan mudik dan hindari begadang.


3. Jangan hanya membeli obat yang sering digunakan


Lebih baik tanyakan terlebih dahulu pada asisten kesehatan atau apoteker, karena mereka dapat memberikan saran mengenai obat yang cocok untuk Kamu. Karena, salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan orang-orang adalah membeli obat yang sering digunakan, padahal sebenarnya ada beberapa kandungan di dalamnya yang mungkin kurang cocok untuk gejala yang Kamu rasakan.


4. Selalu bawa tisu


Kuman dapat tersebar dengan mudah melalui bersin dan batuk. Jadi, selalu bawa tisu dan gunakan setiap batuk atau bersin untuk menghentikan penyebaran kuman ke sekitar Kamu.


5. Konsumsi buah dan sayur


Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, terutama yang berasal dari buah-buahan, bisa mengurangi gejala dari batuk. Saat Kamu sedang dalam perjalanan mudik, usahakan untuk menyediakan buah dan mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak.


6. Biasakan cuci tangan


Biasakan cuci tangan secara teratur dan sesegera mungkin setelah Kamu bersin atau batuk. Hal ini untuk mencegah virus tidak tersebar melalui permukaan benda-benda yang Kamu pegang. Sehingga keluarga, teman, maupun kolega tidak tertular.


6. Konsumsi obat batuk


Apabila dengan cara alami batuk Kamu masih menggangu, berarti ini saatnya Kamu mengonsumsi obat batuk. Obat batuk yang Kamu konsumsi bisa disesuaikan dengan kondisi batuk Kamu, apakah kering atau berdahak.

sumber : https://www.bantennews.co.id/2018/06/14/begini-tips-atasi-batuk-saat-mudik-lebaran/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi