Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

8 Gejala Kanker Paru yang Perlu Anda Waspadai Walau Tidak Merokok


Nyeri dada memang merupakan gejala kanker paru yang paling sering ditemukan, namun sebenarnya ada banyak gejala kanker paru lain yang perlu Anda waspadai dan perhatikan, bahkan bila Anda tidak pernah merokok.

Mengapa orang yang tidak merokok juga masih dapat menderita kanker paru? Hal ini dikarenakan mereka juga terpapar oleh zat-zat kimia berbahaya lainnya seperti radon atau polusi udara atau debu asbes atau perokok pasif.

Jadi, baik Anda merupakan seorang perokok atau tidak ada baiknya bila Anda mengetahui apa saja gejala kanker paru yang perlu Anda waspadai seperti di bawah ini. Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila mengalami salah satu atau beberapa gejala di bawah ini untuk memastikan penyebabnya.

Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh
Sebagian besar penderita kanker paru biasanya akan mengalami batuk, kadangkala juga batuk berdarah. Dahak yang berwarna merah kecokelatan juga dapat merupakan gejala awal dari kanker paru. Namun, bila batuk Anda tidak berdahak tetapi sudah berlangsung selama lebih dari 1 bulan, maka Anda juga perlu segera memeriksakan diri ke seorang dokter.

Infeksi Kronik
Pada sebagian besar kasus, virus merupakan penyebab terjadinya infeksi paru seperti bronkitis kronik. Akan tetapi, bila Anda terus saja jatuh sakit dan setiap kali sakit Anda selalu mengalami gangguan pernapasan atau nyeri dada, maka hal ini dapat merupakan gejala dari kanker.

Penurunan Berat Badan Tanpa Penyebab yang Jelas
Berat badan Anda terus menurun walaupun Anda tidak sedang berdiet atau berolahraga? Hal ini dapat merupakan gejala kanker. Penurunan berat badan ini terjadi karena tumor stadium lanjut biasanya akan membentuk sejenis protein yang memicu tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini jugalah yang membuat penderita kanker biasanya mengalami penurunan nafsu makan.


Baca juga : Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru Muncul


Nyeri Tulang

Jika kanker paru telah menyebar ke bagian tubuh lain, maka Anda mungkin akan mulai mengalami nyeri pada tulang atau persendian Anda, terutama pada daerah punggung dan pinggul Anda.

Pembengkakan Pada Leher dan Wajah
Jika tumor paru mulai menekan pembuluh darah vena cava superior (pembuluh darah vena besar yang berfungsi untuk membawa darah dari kepala dan lengan kembali ke jantung), Anda mungkin akan mengalami pembengkakan pada daerah leher dan wajah. Lengan dan dada bagian atas juga mungkin tampak membengkak.

Rasa Lelah yang Berlebihan
Rasa lelah yang dialami oleh penderita kanker berbeda dengan rasa lelah biasa. Anda biasanya akan merasa amat sangat lelah hingga satu-satunya hal yang Anda inginkan adalah tidur. Namun, tidur bahkan banyak tidur pun tampaknya tidak dapat mengurangi rasa lelah yang Anda rasakan.

Kelemahan Otot
Kanker paru juga dapat mempengaruhi otot-otot tubuh Anda. Salah satu bagian tubuh yang paling pertama terkena adalah pinggul Anda. Anda mungkin akan merasa sulit untuk berdiri dari posisi duduk. Selain pinggul, kelemahan juga akan terjadi pada daerah lengan, bahu, dan kaki.

Kadar Kalsium Darah yang Tinggi
Beberapa jenis kanker paru dapat menghasilkan sebuah zat mirip hormon yang akan mengganggu keseimbangan kadar mineral did alam tubuh Anda. Salah satunya dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium di dalam darah. Beberapa gejala tingginya kadar kalsium di dalam darah adalah sering buang air kecil, rasa haus berlebihan, sembelit, mual, nyeri perut, dan pusing.

sumber : https://www.dokter.id/berita/8-gejala-kanker-paru-yang-perlu-anda-waspadai-walau-tidak-merokok

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi