Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Berita Kesehatan

Waspadai TBC, Jangan Abaikan Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Image : http://1.bp.blogspot.com/-KxQa7ICvDkY/VRTWY62-MsI/AAAAAAAAAGY/y7tUTU7hr7g/s1600/batukalamianak.jpg


Berdasarkan laporan Global Tubercolosis Report WHO pada tahun 2017, Indonesia merupakan negara kedua dengan penderita TBC terbanyak di dunia, yaitu lebih dari satu juta jiwa. TBC ditularkan melalui udara lewat kuman mycobacterium tuberculosis saat penderita batuk atau bersin.

Umumnya TBC memiliki kecenderungan menyerang paru-paru, tetapi kuman penyebab TBC tersebut juga memiliki kemampuan menyerang berbagai organ tubuh lainnya seperti selaput otak, usus, tulang, kelenjar getah bening di leher, dan ketiak. Bahkan, ada juga yang disebut dengan TBC Tulang.

"TBC Tulang itu kuman yang menyebabkan penyakitnya sama dengan TBC Paru, tetapi menyerangnya pada bagian tulang." ujar Dr Erlina Burhan, M.Sc.SpP(K) dalam edukasi kesehatan di Kantor Pusat PPTI Jakarta, Selasa, 16 Januari 2016.


Baca juga : Anak Batuk Pilek? Waspada Infeksi Telinga Tengah


Gejala awal TBC Tulang disertai rasa nyeri pada tulang, ada yang mengalami rasa nyeri pada bagian tulang dan berubah menjadi bengkok. Menurut Erlina, semua organ tubuh bisa terkena TBC tetapi sebesar 85% menyerang paru-paru.

"Kalau di paru-paru biasanya gejala awalnya itu batuk-batuk, dan batuknya biasanya lama, lebih dari 2 minggu. Di samping batuk-batuk, ada keluhan lain kalo di paru-parunya sudah luas, makan akan terasa sesak. Sedangkan kalau sudah bolong-bolong, pecah pembuluh darah, maka akan terjadi batuk darah," ujar Erlina.

Selain batuk, gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit TBC adalah adanya demam yang hilang dan timbul, kehilangan nafsu makan sehingga menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

sumber : http://news.metrotvnews.com/read/2018/01/16/817274/waspadai-tbc-jangan-abaikan-batuk-yang-tak-kunjung-sembuh

 
 

PRAKTEK Alamat lama:
Apotik Kimia Farma 53
Kawi 22A, Malang
Alamat baru: (TMT 1/1-13)
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan,
Lantai II-N
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi