Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

Cara Menjaga Paru Paru agar Tidak Komplikasi Saat Tua


Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang sering mengalami komplikasi di usia tua. Kesehatan paru-paru sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita secara umum, baik itu di usia senja maupun usia muda. Mengalami kesulitan bernapas atau kekurangan oksigen dapat membuat kualitas hidupmu menurun. Oleh sebab itu kita perlu menjaga kesehatan paru-paru dari usia muda.

Agar kita dapat menjaga kesehatan paru-paru hingga tua, lakukanlah 5 cara ini!
1. Kurangi merokok

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, merokok dapat mengakibatkan paru-paru tidak sehat. Bahan-bahan pembuat rokok bisa meracuni tubuhmu dan mempengaruhi kesehatan paru-parumu sampai tua. Bagi perokok aktif, ada baiknya kamu mengurangi rokok untuk kesehatanmu dan menghindari merokok di tempat-tempat umum agar tidak membuat perokok pasif ikut terkena dampak dari asap rokok.

2. Gunakan masker saat berkendara

Selain asap rokok, asap kendaraan juga bisa mempengaruhi paru-parumu. Jika kamu termasuk orang yang sering menghabiskan banyak waktu di jalanan, kamu perlu menggunakan masker untuk menyaring asap. Meskipun masker tidak benar-benar bisa menyaring semua komponen buruk dalam udara jalanan, setidaknya masker bisa membantu mengurangi efek buruk dari asap.

3. Jaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu timbulnya beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, tekanan tinggi, jantung dan paru-paru. Jika tubuhmu kelebihan berat badan, tubuhmu akan membutuhkan oksigen yang lebih banyak sehingga paru-paru dan jantung bekerja lebik keras. Memiliki berat badan yang ideal dapat membantumu untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4. Olahraga

Rajin berolahraga bisa membuat tubuh semakin bugar serta melatih kerja jatung dan paru-paru. Sebaiknya kamu berolahraga sekitar 30 menit dalam sehari. Olahraga yang kamu lakukan tidak harus berat, kamu bisa melakukannya dengan jogging atau jalan kaki sebentar pagi atau sore hari.

5. Tanam pohon di rumah

Rumah adalah tempatmu untuk tidur dan beristirahat. Akan lebih baik jika kamu menanam pohon untuk memperbaiki kualitas udara di rumahmu. Jika kamu mengalami insomnia, menaruh tanaman di kamarmu juga bisa membantumu agar bisa tidur dengan nyenyak.

Nah itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selamat mencoba!

 

sumber : http://www.sukita.info/indah-permata-sari/5-cara-menjaga-kesehatan-paru-paru/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi