Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Hubungi Kami Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi Klinik Respirasi Malang
Berita Kesehatan

Ini Dia 8 Tanda-Tanda Kanker Paru Paru yang Wajib Diwaspadai!


Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol yang dimulai di satu atau kedua paru-paru, biasanya di sel yang melapisi saluran udara. Sel-sel abnormal tidak berkembang menjadi jaringan paru-paru yang sehat, mereka membelah secara cepat dan membentuk tumor.

Ketika tumor menjadi lebih besar dan lebih banyak, mereka merusak kemampuan paru-paru untuk menyediakan aliran darah dengan oksigen. Tumor yang tetap di satu tempat dan tidak tampak menyebar dikenal sebagai tumor jinak .

Tumor ganas, menyebar ke bagian lain tubuh baik melalui aliran darah atau sistem limfatik. Metastasis mengacu pada kanker yang menyebar di luar tempat asalnya ke bagian lain dari tubuh. Ketika kanker menyebar itu jauh lebih sulit untuk mengobati dengan sukses.

Kanker paru primer berasal dari paru-paru, sementara kanker paru sekunder mulai di tempat lain di tubuh bermetastasis dan mencapai paru-paru. Mereka dianggap jenis kanker yang berbeda dan tidak diperlakukan dengan cara yang sama.

Menurut national cancer institute, pada akhir 2015 akan ada 221.200 diagnosa kanker paru-paru baru dan 158.040 kematian terkait kanker paru di AS.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), 7,6 juta kematian di dunia setiap tahun disebabkan oleh kanker. kanker mewakili 13% dari semua kematian global. Seperti yang terlihat di bawah ini, kanker paru-paru sejauh ini adalah pembunuh kanker nomor satu. Sumber : medical news today

Berikut Ini 8 Tanda-Tanda Kanker Paru Paru

1. Batuk berlama-lama

Tanda-Tanda Kanker Paru

Mayoritas orang dengan kanker paru-paru memiliki batuk, kadang-kadang dengan darah. Kata Dr McKenna. Membawa lendir yang tebal dan berwarna karat juga bisa menjadi tanda awal. Tetapi bahkan jika Anda memiliki batuk kering, jika itu bertahan selama lebih dari satu bulan, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

2. Berat badan turun

Tanda-Tanda Kanker Paru

Menjatuhkan pound tanpa perubahan dalam diet atau olahraga Anda ? Kondisi ini bisa menggambarkan sejumlah penyakit, salah satunya kanker paru. Tumor ganas dapat menguras kadar protein dalam tubuh, itulah mengapa seseorang mengalami penurunan nafsu makan hingga menyebabkan berat badan berkurang tanpa sebab.

3. Infeksi kronis

Tanda-Tanda Kanker Paru

Sebagian besar virus yang menyebabkan infeksi paru-paru seperti bronkitis kronis. Tetapi berdasarkan penjelasan dari American Cancer Society, Tetapi jika Anda berulang kali sakit dan setiap penyakit tampaknya langsung menuju ke dada, bisa jadi hal tersebut adalah tanda awal dari kanker paru.

4. Sakit tulang

Tanda-Tanda Kanker Paru

Jika kanker paru-paru telah menyebar ke organ lain di tubuh Anda, Anda mungkin merasakan sakit di tulang atau sendi Anda.Titik-titik yang biasanya nyeri meliputi punggung hingga pinggul.

5. Kelelahan yang luar biasa

Tanda-Tanda Kanker Paru

Ini berbeda dari merasa lelah, Rasanya sangat lelah sampai-sampai Anda tidak sabar untuk naik ke tempat tidur meski hal ini tak banyak membantu. Sebanyak 80 persen orang dengan kanker mengalami gejala kelelahan berlebihan seperti ini.

6. Pembengkakan di leher dan wajah

Tanda-Tanda Kanker Paru

Jika tumor paru mulai menekan vena cava superior Anda (pembuluh darah besar yang membawa darah dari kepala dan lengan ke jantung Anda), Anda mungkin melihat pembengkakan di leher dan wajah Anda, kata Dr. Jacoub. Lengan dan dada bagian atas juga bisa terpengaruh.

7. Kelemahan otot

Tanda-Tanda Kanker Paru

Kanker paru-paru mempengaruhi otot-otot Anda serta organ-organ Anda. Salah satu area pertama yang terkena dampak adalah pinggul, Anda mungkin merasa sulit untuk bahkan keluar dari kursi kata Dr. Jacoub. Kelemahan di bahu, lengan, dan kaki juga khas.

8. Kadar kalsium tinggi

Kanker paru-paru tertentu membuat zat mirip hormon yang mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, kelebihan kalsium akan dilepaskan ke dalam aliran darah.

Meskipun Anda mungkin tidak menyadari tingkat melalui atap sampai dokter memesan tes laboratorium, Anda harus memperhatikan gejala gejala yang menyertai kadar kalsium tinggi adalah sering buang air kecil, rasa haus berlebihan, sembelit, mual, nyeri perut, dan pusing.

sumber : https://jualwalatrazedoril7.com/tanda-tanda-kanker-paru-paru/

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
    
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi