Video
Jajak Pendapat

Penyakit MERS telah masuk di Indonesia melalui jamaah haji maupun umroh, darimana MERS-CoV ditularkan?...

Unta
Kucing
Kelelawar
Monyet
Belum diketahui

Klinik Respirasi Malang Reservasi Klinik Respirasi Malang Peta Lokasi
Berita Kesehatan

Perokok maupun Bukan, Ini 7 Cara untuk 'Membersihkan' Paru-parumu


Paru-paru adalah filter alami yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan polusi udara, itulah sebabnya paru-paru yang sehat memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan yang bahagia. Sayangnya, sistem pernapasan tubuh ini bisa menderita karena zat berbahaya di udara yang terhirup setiap hari.

Batuk kering, nyeri dada, sesak napas; semua ini bisa menjadi tanda peringatan penyakit paru-paru serius seperti: asma, bronkitis kronis, emboli paru dan banyak lainnya. Yuk ikuti beberapa cara simpel di bawah ini biar paru-parumu tetap bersih!

1. Tidur menggunakan bantal

Dengan tidur menggunakan bantal, kepalamu akan terangkat 15 derajat saat tidur sehingga bisa mengurangi aliran lendir ke tenggorokanmu. Dengan begitu, akan meminimalisir terjadinya batuk-batuk saat kamu tidur malam. Gunakan 1 bantal saja cukup karena lebih dari itu bisa membuat leher terasa tidak nyaman pada saat bangun keesokan harinya.

2. Rajin membersihkan rumah

Kadang-kadang penyakit paru-paru yang serius dapat dipicu oleh paparan jamur. Jamur-jamur ini bisa tinggal dengan mudah di sekitar rumah yang kotor. Paparan jamur bisa memicu gejala seperti peradangan, alergi, dan serangan asma.

Agar kamu bisa bernafas tanpa kesulitan, kamu perlu membuat tempat yang aman untuk paru-parumu dengan membersihkan setiap sudut rumahmu. Kamu juga bisa menggunakan air purifier untuk mendapatkan udara yang lebih bersih.

3. Memakai masker saat keluar rumah

Di kota-kota besar, udara di luar rumah sudah sangat tercemar karena polusi. Ke mana pun kamu pergi, usahakanlah untuk menggunakan masker guna melindungi paru-parumu dari gas berbahaya di udara sekitarmu.

4. Tidak menahan batuk

Batuk adalah proses alami yang membantu paru-parumu untuk menyingkirkan lendir ketika kamu terkena pilek atau flu. Menahan batuk dapat menyebabkan infeksi. Jadi lain kali, kurangilah kebiasaan menahan batuk kecuali memang kamu sedang berada di situasi yang tidak memungkinkan untuk batuk dengan keras.

5. Ikuti pola makan yang sehat

Makanan tertentu mengandung banyak vitamin dan mineral, yang dapat melindungi paru-parumu tanpa obat-obatan tambahan. Tanpa sadar hanya dengan memilih makan-makanan yang benar, kamu bisa melindungi paru-parumu.

Cobalah menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan aditif serta makanan yang dikemas dan diproses. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang diperlukan setiap hari. Ini akan membantu untuk menjaga paru-parumu terhidrasi dan bebas dari lendir serta membuat aliran darah lebih mudah.

Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung beta-karoten kalau kamu merokok. Karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko kanker usus besar, paru-paru dan prostat.

6. Rutin berolahraga

Latihan fisik penting tidak hanya untuk fisikmu tetapi juga untuk kesehatan organ internalmu. Karena itu akan membantu meningkatkan aliran darah dan memungkinkan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mencapai paru-parumu lebih cepat.

7. Melakukan latihan pernapasan

Caramu bernapas berhubungan langsung dengan kesehatan paru-parumu. Tentu semakin kuat paru-parumu, tubuhmu akan terasa semakin baik. Untuk meningkatkan jumlah oksigen di paru-paru dan untuk meningkatkan kemampuanmu melepaskan karbon dioksida, kamu bisa melakukan beberapa latihan pernapasan misalnya:

Cara pertama: Pursed lips breathing

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tarik napas melalui hidungmu selama 2-3 detik.
  2. Perlahan-lahan keluarkan melalui bibir yang di kerucutkan selama 4-9 detik.

Latihan ini juga bisa membantumu mengelola serangan asma secara efektif dan menenangkan diri.

Cara kedua: Humming breathing

Untuk yang ini, tahapannya sebagai berikut:

  1. Tarik napas dalam-dalam melalui hidungmu.
  2. Saat kamu menghembuskan napas, buat suara bersenandung ala Nissa Sabyan (humming).

Latihan pernapasan ini bisa membuat diafragmamu lebih kuat. Selain itu, paru-parumu akan mendapat lebih banyak oksigen.

Mana dari cara-cara di atas yang sudah kamu lakukan? Bernapas merupakan sumber utama kehidupan kita karena itu kita harus jaga dengan kualitasnya dengan sebaik mungkin ya.

sumber : https://www.idntimes.com/health/fitness/ribka-eleazar/7-cara-untuk-membersihkan-paru-bagi-perokok-maupun-bukan/full

 
 

PRAKTEK Alamat baru:
RS Panti Waluya /RKZ Sawahan, Lt II-N
, Dr Koentjahja, SpP
Nusakambangan 56, Malang 65117
08113777488 / 362017 ext. 88.23
Pukul 18.00 - selesai, kec. Sabtu / Libur
RUMAHWilis Indah A-6, Malang 65115
0341-568711

Peta Lokasi